Selamat Datang di Web Resmi PEMDA FAKFAK

FAKFAK RAIH JUARA DUA FESTIVAL BUDAYA SE PAPUA BARAT

03 Mei 2017
09:23:16 WIB

Warta Humas. Tanah Papua  kaya  akan  beragama seni dan budaya  serta kekayaan alam lainnya yang berada di atas dan di dasar laut semua ini merupakan  pemberian dari Tuhan di atas tanah ini . Untuk menjaga melestarikan dan mengembangkannya pada generasi muda  maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Papua Barat  setiap tahunnya menyelenggarakan  festival seni budaya yang diikuti oleh  12 kabupaten dan satu kota yang ada di Papua Barat. Untuk Tahun 2016 merupakan pelaksanaan festival budaya yang ke empat  diselenggarakan di Kabupaten Sorong dan tempat pelaksanaannya di Alun-alun  Aimas.

Kegiatan festival seni budaya  yang sudah menjadi kalender tetap  tiap tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan seni budaya yang ada pada sanggar-sanggar seni yang ada pada tiap kabupaten  sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi  antara pemerintah kabupaten dan propinsi. Seni dan budaya merupakan jati diri setiap suku bangsa  untuk itu sudah menjadi  tanggung jawab bersama untuk menjaga melestarikan dan membina eksistensinya agar tidak mudah luntur  dan punah karena terpengaruh globalisasi dewasa ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Fakfak  Drs. Nasrun P.Elake  saat melepas  tim  seni dan budaya  Kabupaten Fakfak minta agar seluruh peserta dapat menjaga nama baik  Kabupaten Fakfak, menjaga kekompakan tim  sehingga  pada saat lomba  nanti  semua dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pada kesempatan itu Sekda berharap agar kedepan nanti pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Fakfak  dapat  merancang ataupun menciptakan  satu kegiatan  seperti Festival Fakfak  yang didalamnya termuat  berbagai kegiatan seni dan budaya  serta kegiatan-kegiatan promosi daerah lainnya.

Kabupaten Fakfak baru dua kali  mengikuti kegiatan ini  dan pada tahun ini Fakfak ikut 6 cabang lomba masing-masing  Lomba Pameran Budaya, Masakan Tradisional, Tari Tradisional, Tari Kreasi Baru, Floksong atau lagu-lagu rakyat dan musik tradisional, dari 6 cabang lomba yang diikuti  Fakfak berhasil meraih  Juara 1 Lomba Pameran Benda-benda budaya  dan Juara 1 Lomba Masakan Tradisional  serta urutan terbaik ke 6 pada cabang  tari tradisional, dan  Kabupaten Manokwari juara umum  pada festival seni budaya tahun 2016 ini. sementara  untuk kuliner atau masakan tradisional  fakfak menyajikan berbagai masakan  yang di masak  pada bambu  seperti sayur-sayuran, ubi ubian, nasi, ikan, ayam dan kue  khas orang  fakfak  yaitu kue lontar  yang mempergunakan bahan dari  ubi-ubian.

sedangkan  untuk pameran budaya kabupaten  fakfak menampilkan  berbagai produk  yang berasal dari buah pala  seperti  sirup pala, kecap dari pala, selei dari pala, manisan pala,   permen pala  serta kerajinan tangan seperti anyam-anyaman membuta tas, souvenir  juga menampilkan menampilkan berbagai benda budaya lainnya  seperti  mas kawin dan lain-lain.

Festival Seni Budaya ke empat  tahun 2016  diikuti  9 kabupaten  yang ada pada Provinsi  Papua  Barat  dan yang berhasil meraih juara umum  adalah Kabupaten Manokwari  dan Juara kedua Kabupaten Fakfak.

Video Terkait:


    Agenda

    'Penyelenggaraan wisuda perdana Politeknik Negeri Fakfak pada tanggal 03 ...'

    ' Kegiatan ini terselenggara atas dasar program kerja tahunan dan rapat dewan ...'

    Artikel Terpopuler

    Berita Terpopuler

    Pelaksanaan Rapat Kerja Bupati dan Wali Kota Se Propinsi Papua

    Video Terpopuler

    Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya
    Warta Humas. Tanah Papua  kaya  akan