Selamat Datang di Web Resmi PEMDA FAKFAK

Melihat Proses pembuatan Gerabah Seni Pacitan

24 Agustus 2014
18:49:52 WIB

Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam. Situs-situs arkeologi di indonesia, telah ditemukan banyak tembikar yang berfungsi sebagai perkakas rumah tangga atau keperluan religius seperti upacara dan penguburan. tembikar yang paling sederhana dibentuk dengan hanya menggunkan tangan, yang berciri adonan kasar dan bagian pecahannya dipenuhi oleh jejak-jejak tangan (sidik jari), selain itu bentuknya kadang tidak simetris. selain dibuat dengan teknik tangan, tembikar yang lebih modern dibuat dengan menggunakan tatap-batu dan roda putar.

Gerabah merupakan seni kerajinan tangan yang telah melegenda, seni dan pembuatannya pun telah turun temurun, yang pada dahulu kala gerbah digunakan untuk menyimpan beras, garam dan bumbu-bumbuan disamping digunakan untuk tujuan memasak namun seiring berjalan waktu kini gerabah dapat bernilai seni tinggi tergantung kreativitas dan sang pembuat gerabah.

Untuk melihat video cara pengolahan tanah liat menjadi gerabah seni bisa dilihat langsung Di Desa Purwoasri Kebonagung pacitan atau lihta video nya dibawah ini 

Video Terkait:


Artikel Terkait

    Agenda

    ' Kegiatan ini terselenggara atas dasar program kerja tahunan dan rapat dewan ...'

    'Penyelenggaraan wisuda perdana Politeknik Negeri Fakfak pada tanggal 03 ...'

    Artikel Terpopuler

    Berita Terpopuler

    Pelaksanaan Rapat Kerja Bupati dan Wali Kota Se Propinsi Papua

    Video Terpopuler

    Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya
    Warta Humas. Tanah Papua  kaya  akan