Selamat Datang di Web Resmi PEMDA FAKFAK

Mengapa Responsive Website adalah Pilihan Terbaik untuk Strategi SEO?

24 Agustus 2014
11:01:56 WIB

eperti yang telah kita ketahui bahwa dominasi Smartphone telah menjadi sorotan utama yang harus kita perhatikan untuk mengambil keuntungan dalam meningkatkan Strategi SEO.

Banyak pembahasan sebelumnya yang saya tulis untuk menegaskan bahwa Desain Website yang Responsive memiliki keuntungan dari berbagai sisi salah satunya adalah SEO.

Seperti tulisan saya sebelumnya yang berhubungan dengan topik ini yang berisi tentang Prediksi Web Marketing di Tahun 2014 yang juga mengemukakan bahwa Website Responsive adalah salah satu komponen yang terdapat didalam persaingan hebat tersebut. Apalagi jika Anda salah satu pemilik bisnis online yang mencari cara untuk meningkatkan strategi SEO Anda, Website Responsive adalah pilihan yang terbaik.
Pengguna internet pada tahun 2014 akan mulai beralih menggunakan Smartphone kesayangan mereka untuk mencari informasi di Internet. Hal ini karena kemudahan dan mobilitas yang telah teruji, mungkin ini salah satu alasan yang membuat pasar Smartphone sangat melejit dengan berbagai karakteristik teknologi yang ditawarkannya dari ukuran yang kecil hingga besar.

Apakah Anda sudah menggunakan Desain Website Responsive?

 "Website Responsive adalah Desain Website yang dapat digunakan secara fleksibel dibuka dari Komputer, Tablet, maupun Handphone yang menyesuaikan ukuran dan desain secara otomatis membuat pengguna lebih nyaman dengan Website Responsive".

Jika Anda telah menggunakan Website yang Responsive, perhatikan pada Traffic-Source dan juga device yang mereka gunakan. 67% diantaranya adalah menggunakan Mobile, jadi dengan memberikan desain website yang responsive akan memberikan kemudahan kepada mereka sehingga mereka "ter-manjakan" dan menumbuhkan fanatisme dalam membaca informasi yang ada di website atau blog Anda.

Jadi, website responsive memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan untuk meningkatkan strategi SEO Anda.

Tapi apa alasan yang mendukung website responsive dapat meningkatkan kualitas SEO?

Ok, sekarang kita fokus pada topik yang akan memberitahukan Anda tentang "Mengapa Website Responsive adalah Pilihan Terbaik untuk Strategi SEO"

#1 - Direkomendasikan oleh Google

Alasan pertama dan sangat penting adalah Website Responsive direkomendasikan oleh Google. Anda tahu siapa dan apa itu Google?.

Google merekomendasikan pembuatan website dengan teknologi responsive dan dikonfigurasi baik tidak hanya untuk Dektop View, tetapi juga dirancang untuk Tablet dan Mobile seperti salah satu halaman Google Developer yang merekomendasikan para webmaster dan marketer untuk mengetahuinya. --Building Mobile-Optimized Websites.

Rekomendasi dari Google ini karena desain website yang responsive memiliki URL yang konsisten dan juga memiliki kode HTML yang sama pula. Beda halnya dengan website yang memiliki mobile version dengan struktur dan code yang berbeda pada setiap halamannya. Hal ini yang membuat Google menilai bahwa website responsive lebih efisien untuk kebutuhan dan kemudahancrawling, indexing, dan juga pengelolaan content. Tidak seperti pada website yang memiliki versi berbeda, Google harus melakukan index dan beberapa hal lain secara berulang pada halaman yang memiliki informasi yang sama.

Disisi lain, Google lebih mengutamakan desain website responsive karena konten dapat dengan mudah digunakan oleh user dengan URL yang konsisten seperti yang telah dijelaskan, hal ini membuat user lebih mudah untuk sharing di social media, dan juga mudah berinteraksi dengan informasi yang terkandung didalamnya.

 Baca Juga : Pilihan CSS Framework untuk Membuat Website Responsive

Mari kita coba ambil beberapa contoh atau sample lebih banyak mana pengguna Social Media yang sharing atau membagi link dari website yang dibacanya dengan teman-teman yang ada di Facebook. Hal ini dapat mengoptimalkan user-experience terhadap ketertarikan terhadap sebuah website yang membuat Google membuat prioritas terhadap Website Responsive, tentu saja Ranking website Anda akan diperhitungkan oleh Google.

Jadi, Responsive website sudah dinyatakan oleh Google sangat direkomendasikan karena lebih optimal sehingga meningkatkan kualitas SEO.

#2 - Satu Website dapat digunakan Semua devices

Salah satu aspek menarik dari desain website responsive adalah peningkatkan kualitas website serta user-experience yang digunakan dari berbagai macam device dengan ukuran yang berbeda-beda. Ini adalah karakteristik yang penting untuk diketahui, apalagi kita tidak mungkin membatasi pengguna kita dengan device yang mereka gunakan.

Pengguna yang penasaran atau menggunakan multiple-device baik PC, tablet, ataupun mobile, setelah mereka mendapatkan ketertarikan positif terhadap desain responsive yang kita sajikan, tidak menutup kemungkinan mereka akan membuka dari komputer setelah mereka menggunakan dari device mobile.

Keuntungan yang dapat kita ambil adalah Active Visitors yang akan menjadi pembaca setia dari setiap informasi yang disajikan.

#3 - Lebih mudah dalam pengelolaan

Jika Anda masih menggunakan dua versi yang berbeda (Desktop dan Mobile) pasti Anda akan kesulitan untuk mengelola konten apalagi SEO. Hal ini akan menguras tenaga dan waktu untuk dapat mengoptimalkan website yang tidak dirancang memiliki desain responsive.

Inilah keunggulan desain website responsive, kita akan menyimpan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan hal-hal yang seharusnya tidak lakukan secara berulang-ulang.

Dari segi pengelolaan, Anda tidak perlu menyediakan fitur untuk device-detecting untuk mengalihkan user ke versi mobile seperti pada website yang memiliki dua versi yang berbeda.


Jadi kesimpulannya adalah

Desain website responsive direkomendasikan oleh Google untuk diterapkan oleh para pengembang website (Web Developers) karena website responsive dapat memberikan ketertarikan khusus dan user-experience yang akan meningkatkan pengunjung aktif pada website sehingga kita dapat terus menambah pembaca setia kita dengan pengelolaan yang sangat mudah.

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Agenda

    ' Kegiatan ini terselenggara atas dasar program kerja tahunan dan rapat dewan ...'

    'Penyelenggaraan wisuda perdana Politeknik Negeri Fakfak pada tanggal 03 ...'

    Artikel Terpopuler

      Bagaimanapun untuk mendukung dan mempublikasikan konten
    eperti yang telah kita ketahui bahwa dominasi Smartphone telah

    Berita Terpopuler

    Ada hari-hari dimana kita merasa tidak memiliki inspirasi,
    Menurut data dinas pariwisata setempat, total ada 17 wahana wisata

    Video Terpopuler

    Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya
    Slaah satu karya terbaik masyarakat Asli Indonesia adalah kerajinan