Ekonomi

Agar Tak Tumpang Tindih, BP dan Pemkab Fakfak Sinergikan Program Ekonomi

Tim ekonomi BP dan Pemda Fakfak

Fakfak_ Tim Ekonomi Tangguh LNG dan Pemda Fakfak, menghelat rapat kerja selama dua hari, dalam rangka sosialisasi, konsultasi dan menyinergikan program-program ekonomi kedua lembaga tersebut. Selain menghindari adanya program ekonomi yang tumpang tindih, rapat kerja yang dibuka Kamis kemarin (22/2) ini, juga bertujuan memaksimalkan pencapaian kesejahteraan masyarakat, khususnya di 5 distrik terdampak, eks Kokas. Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah atau BP4D, Drs. Ali Baham Temongmere, M.T.P.

“Program ekonomi BP Tangguh dan Pemda Fakfak, utamamya ditujukan untuk 5 distrik di wilayah eks Kokas. Tujuannya antara lain, mengoptimalkan seluruh sumber atau potensi di wilayah tersebut, agar menghasilkan hasil yang lebih baik,” ujar Ali Baham.

Menurut Ali Baham, program tersebut sejalan dengan program Pemda Fakfak, kaitannya dengan program membangun kampung bercahaya.

Ali baham juga mengapresiasi langkah BP Tangguh, yang selama ini berkomitmen untuk membantu perekonomian masyarakat.

“Yang menggembirakn, laboratorium BP telah menemukan potensi tepung dari buah pala. Tepung ini, mengandung 6,5% protein. Artinya, jika selama ini kita telah menghasilkan beberapa produk dari buah pala, maka kini bertambah satu potensi lagi. Kita nantinya bisa membuat berbagai produk kue dari tepung pala,” imbuh Ali Baham.

Ahmad Lie, anggota tim ekonomi BP, dalam presentasinya menegaskan komitmen BP untuk terus mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Jika kami memberikan pelatihan agar masyarakat membuat sesuatu, maka kami juga menyiapkan pasarnya. Kami mendorong kemajuan perekonomian pada segala lini. Jadi jika di Kokas kami membangun sebuah warung makan, maka kami juga mendorong agar seluruh kebutuhan bahan warung makan tersebut, didapat dari usaha kelompok tersebut. Sayur ditanam sendiri, ikan juga hasil pancing kelompok sendiri,” ujar Ahmad Lie.

Rapat kerja yang dilangsungkan di aula Kantor BP4D (dulu Bappeda) ini, turut dihadiri beberapa pimpinan OPD dan Distrik. Rencananya, kegiatan tersebut akan ditutup hari ini. (wah)

Tag
Tampil Lebih Banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close