Pendidikan

Pegawai Dan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik 2017

Peserta pelatihan jurnalistik ketika praktek pengambilan foto dan video

Fakfak_  40 peserta yang berlatar belakang pegawai dan mahasiswa, mengikuti Pelatihan Jurnalistik 2017 yang diselenggarakan oleh DPC Aliansi Wartawan Indonesia Kabupaten Fakfak dan komunitas Fakfak Mengajar. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari dan berakhir pada Minggu (10/12) ini, dilaksanakan di aula Balai Diklat Pemda Fakfak.

La Ode Aca, yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, dalam sambutan pembukaan pelatihan itu menyampaikan, pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan positif dan harus terus dikembangkan.

“Untuk selanjutnya, pelatihan jurnalistik ini bisa mengundang remaja masjid dan pemuda gereja. Pelatihan seperti ini merupakan kegiatan yang positif, apalagi dijaman seperti saat ini, dimana pergaulan bebas dan narkoba, bisa menjerat siapa saja,” ujar La Ode Aca.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Fitriyanti Killian mengatakan, “Pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan kali pertama yang kami selenggarakan, sekaligus kerjasama perdana dengan DPC AWI Fakfak. Peserta sangat antusias, mengingat dunia jurnalistik merupakan dunia baru bagi mereka,”

Hal sama juga disampaikan oleh Arisda, mahasiswi STAIS Al Mahdi Fakfak. Peserta utusan KAMMI Fakfak ini menyampaikan bahwa, banyak hal baru yang ditemui selama pelatihan.

“Awalnya kami hanya tahu bahwa jurnalistik itu terkait dengan wartawan. Ternyata, yang kami dapat jauh lebih banyak,” kata Arisda, yang mengaku ingin menjadi wartawan tersebut.

Dalam kesempatan ini, panitia memberikan empat materi dasar jurnalistik, yakni mengenal dunia jurnalistik, dasar-dasar hukum pers Indonesia, teknik pengambilan foto dan video, serta menulis yang baik.

Panitia juga menyediakan hadiah, bagi peserta yang memenuhi kualifikasi tertentu, berupa flash disk dan uang tunai.

Tatag Y Risthono, pemateri teknik pengambilan foto dan video, bahkan memberikan “amplop” dari kantong pribadi, kepada peserta yang menghasilkan foto terbaik selama kegiatan berlangsung. (wah)

Tag
Tampil Lebih Banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close