Pemerintahan

Penjabat Sekda Fakfak Ali Baham Temongmere Resmi Membuka Sosialisasi Penerapan e-Government

Sekaligus melaunching layanan internet Smart City dan penerapan aplikasi sistem administrasi perkantoran siMAYA dalam rangka penerapan e-government di Kabupaten Fakfak

FAKFAK, fakfakkab.go.idDinas Komunikasi dan Informatika, Stastistik dan Persandian Kabupaten Fakfak menggelar sosialisasi urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika dalam rangka penerapan e-Government, di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Senin (29/7/2019) pagi kemarin.

Kegiatan tersebut resmi dibuka Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp atas nama Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si sekaligus melaunching  layanan iternet Smart City dan penerapan aplikasi sistem administrasi perkantoran siMaya dalam rangka penerapan e-government di Kabupaten Fakfak.

Sambutan Penjabat Sekda Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp.

”Dengan memohon ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, maka  pada hari ini senin, 29 juli 2019, dengan resmi saya membuka sosialisasi  penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika dan bimbingan teknis aplikasi sistem administrasi perkantoran maya (siMAYA) sekaligus melaunching  layanan iternet Smart City dan penerapan aplikasi sistem administrasi perkantoran siMAYAdalam rangka penerapan e-govermment di kabupaten Fakfak,”ujar Ali Baham sembari memukul tipa pertanda dibuka kegiatan tersebut.

Ali Baham mengatakan, banyak manfaat dan nilai tambah dari penerapan e- Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, yaitu disamping untuk efisiensi dan efektifitas proses kerja pelayanan, baik pelayanan yang bersifat intern dalam organisasi pemerintah maupun pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha.

Suasana hadir selain Penjabat Sekda, Komanda Pos TNI AL dan Narasumber dari Kementrian Kominfo dan BSSN.

“Penerapan e-govermment diharapkan juga untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas organisasi serta mencegah adanya korupsi, kolusi, dan nepotisme atau KKN,”ujarnya.

Hal tersebut, kata Ali Baham, tentunya sejalan dengan Nawacita Presiden Jokowi – Jusup Kala periode 2014-2019, yaitu  membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif demokratis, dan terpercaya.

Suasana peserta sosialisasi penerapan e-government.

“Implementasi penerapan e-government  di kabupaten Fakfak  dituangkan juga dalam  RPJMD kabupaten Fakfak  2016 – 2021, dan merupakan  program  prioritas unggulan dari  misi yang ke 5 diantara 8 misi pemerintah kabupaten Fakfak, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang professional, bersih, transparan dan akuntabel,”jelasnya.

Ali Baham berharap kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, Stastistik dan Persandian Kabupaten Fakfak agar segala hal terkait dengan penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Tujuannya adalah agar penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dapat direncanakan, dikoordinasikan dan dilaksanakan dengan baik sesuai  ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”kata Ali Baham.

Hal itu, lanjut dia, mengingat nomenklatur organisasi  perangkat daerah  yang menyelenggarakan  fungsi urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika  secara nasional sering  berubah-ubah  pada setiap periode pemerintahan, sehingga berpengaruh  terhadap penerapan e-government  di daerah,  termasuk  di kabupaten fakfak  belum dapat menerapkan  e- government dengan baik.

Suasana peserta sosialisasi penerapan e-government.

“Maka  dengan terbentuknya   dinas komunikasi dan informatika, statistik dan persandian  berdasarkan Peraturan Bupati nomor 62 tahun 2016 yang merupakan  implementasi pemberlakuan  peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah diharakan penyelengaraan  urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika yang merupakan urusan wajib sesuai amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah  dapat kita laksanakan secara optimal,”tandasnya.

Sementara Ketua Panitia, Nyampen, S.Sos dalam laporannya mengatakan, tuujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan  pemahaman  tentang penyenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika di daerah, khususnya  sub urusan aplikasi informatika  dalam rangka penerapan e-government kepada  aparatur bidang kominfo dan aparatur terkait  di Kabupaten Fakfak.

“Selain itu juga mendukung suksesnya   penerapan e-government sebagai program prioritas kabupaten Fakfak dalam RPJMD 2016- 2021 yakni terwujudnya  tata kelola pemerintahan yang profesional, bersih, transparan  dan  akuntabel  guna mewujudkan visi pemerintah kabupaten fakfak  yaitu terwujudnya masyarakat kabupaten fakfak yang bermartabat,   berdaya saing,  dan sejahtera,”ujarnya.

Kegiatan ini, sebut Nyampen, diikuti oleh Pejabat Eselon II dan Kepala Bagian dilingkungan Dekretariat Daerah, para Kepala dan Sekretaris OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak, dan  aparatur Dinas Kominfo  Kabupaten Fakfak,

Suasana penyerahan cenderamata.

“Sedangkan dalam kegiatan ini mengahdirkan dua narasumber yakni, Direktur e-Government/Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Direktorat Jenderal Aplikasi Pemerintahan Kementerian Kominfo  Bambang Dwi Anggono, S.Sos, M.Eng. CEH dan Direktur Proteksi Pemerintah  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ronald Tumpal, S.H. M.H”jelasnya.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan Bimbingan Tehknis (Bimtek) aplikasi sistem administrasi perkantoran maya (siMAYA) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak. [monces]

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close