Pemerintahan

Hormati Adat dan Leluhur, Pemerintah Kabupaten Fakfak Lakukan Prosesi Adat Pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi di Kampung Siboru

FAKFAK, fakfakkab.go.id – Jumat, 18 Oktober 2019. Dalam rangka pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi di Kampung Siboru, Distrik Wartutin Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si selaku Bupati Kabupaten Fakfak bersama rombongan muspida melakukan kunjungan ke Kampung Siboru guna melakukan prosesi upacara adat (sinara). Hadir dalam rombongan tersebut diantaranya Sekda Fakfak Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Charles Kambu, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas PUPR2KP Kab. Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos., MAP, Kepala Dinas Perhubungan Fakfak T. Heru Uswanas, S.Sos M.MSi yang juga sebagai Raja Pertuanan Fatagar, Kepala Dinas Kesehatan Gondo Suprapto, S.KM. M.Si, perwakilan Kodim 1803 Fakfak oleh Kasdim Mayor Inf. Wahlin Rahman, S.Pd, Ketua Pengadilan Negeri Fakfak Thobias Benggian, SH.

Upacara adat yang dilakukan kali ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur sekaligus penghormatan terhadap adat dan tradisi masyarakat Fakfak sebelum melakukan proses pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi di Kampung Siboru.

Dalam kesempatan kunjungan kali ini, Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si menyampaikan komitmen dan niatnya untuk terus memajukan Kabupaten Fakfak agar lebih berkembang lebih baik lewat pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi yang akan dikerjakan. Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Andreas Hombore selaku tokoh masyarakat dan pemilik tanah adat menyampaikan dengan senang hati dukungannya terhadap pembangunan Bandar udara  bersama masyarakat setempat demi kemajuan Fakfak kedepannya.

Berikutnya kegiatan berlanjut dalam prosesi adat nahara, dimana seorang tokoh adat yang dipercayakan mulai memimpin jalannya upacara adat dimaksud. Setelah itu, ditutup dengan doa yang dibawakan secara islam yang dipimpin oleh Imam Kampung Werpigan Yusuf Kabes. Sedangkan untuk ibadah secara Kristen akan langsung diadakan pada gedung gereja kampung setempat.

Terakhir untuk puncak acara prosesi adat, diadakan pemotongan seekor sapi yang dipimpin langsung oleh Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si sebagai bentuk syukur dan penghormatan terhadap adat serta leluhur demi kelancaran pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi yang akan dikerjakan.

Sumber : dpupr2kp.fakfakkab.go.id

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close