logo

Nov 12 2019

Sekda Fakfak Buka Pelatihan Anggota Linmas

FAKFAK, fakfakkab.go.id –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Fakfak  Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp resmi membuka Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Fakfak di Aula Diklat Pemda Kabupaten Fakfak, Rabu (6/11/2019) pukul 10.00 WIT.

Sekda dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Anggota Pelindung Masyarakat diatur dalam Permendagri Nomor 84 tahun 2014, yang pada intinya Satuan Perlindungan Masyarakat adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan.

“Selain itu, ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat,  kegiatan sosial kemasyarakatan,”ujar Sekda.

Lebih Lanjut dikatakannya, perlindugan masyarakat memiliki pengertian melindungi masyarakat,  memelihara keamanan, memelihara ketertiban umum serta sosial kemasyarakatan dan lainya.

“Ikut membatu keamanan dalam mengamankan lingkungan dan penangulangan bencana yang mengutamakan ketertiban warga masyarakat dalam menjaga dan memelihara kondisifitas di lingkungan masing-masing,”terangnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Fakfak saat ini kondusif, namun pencegahan dini penting sehingga ada tanggung jawab yang di bagi kepada Masyarakat

Pada kesempatan itu, 5 poin penting yang ditekankan Sekda, yakni1. Melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat;  2. Membangun jaringan deteksi dini; 3. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi norma serta hukum yang berlaku seperta meningkatkan antisipasi dalam sistem keamanan lingkungan; 4. Melakukan kegiatan penjagaan pengaturan lingkungan, serta pengawalan patrol; 5. Melakukan proteksi atau pencegahan dini serta memasukan kordinasi antara aparat dan masyrakat.

Sekda mengharapkan kegiatan ini dapat membantu aparat keamanan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Fakfak yang aman, nyaman dan damai sehingga bermanfaat bagi keberlangsungan pembangunan di wilayah Pemerintahan Kabupaten Fakfak yang kita cinta ini.

Kegiatan Pelatihan Anggota Linmas yang di ikuti oleh tiga 3 distrik antara  lain : Distrik Pariwari, Distrik Fakfak dan Distrik Fakfak Tengah yang pesertanya berjumlah 30 Orang kegiatan di akukan selama 3 hari.

Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP), selaku penyelenggara kegiatan ini, telah mempersiapkanya dengan baik sehingga kegiatan Pelatihan Anggota Linmas berjalan dengan lancar. [Daniel]

Sumber : Diskominfoperstatik.fakfakkab.go.id

FAKFAKKAB.GO.ID
Jl. Jenderal Sudirman, Wagom Utara

Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat

Telepon: (+0956) 222103
Kode Pos: 98611