Bupati dan Wakil BupatiPemerintahan

Wakil Bupati Fakfak Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

FAKFAK, fakfakkab.go.id – Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Kabupaten Fakfak dilaksanakan dalam suatu upacara bendera berlangsung di Lapangan Apel Kantor Bupati Fakfak, Senin (11/11/2019).

Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si. Hadir pada upacara tersebut Forkorpimda, Ketua Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD dan peserta upacara terdiri dari ASN, Mahasiswa, FKPPI, siswa/siswi SLTA dan SLTP.

Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dalam sambutan dibacakan Wakil Bupati Fakfak mengatakan bahwa setiap hari pahlawan, rakyat diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Menteri Sosial mengharapkan dengan peringatan hari pahlawan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan Bung Karno yang mengatakan “ Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar “.

Lebih lanjut dikatakannya dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi kita juga bisa dengan memperoleh prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan manfaat bagi masyarakat dan mengharumkan bangsa di mata internasional.

Berkaitan dengan itu, maka tema yang di angkat untuk peringatan hari pahlawan kali ini adalah “ Aku Pahlawan Masa Kini “ dan Sub Tema Dengan Semangat Perjuangan Para Pahlawann Kita Sukseskan Pembangunan Desa Bernuansa Kota Melalui Gerakan Membangun Kampung Bercahaya.

Menurut Menteri Sosial menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita HOAX, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Dengan menjadi diri kita sebagai pahlawan masa kini maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itulah, Juliari mengajak segenap masyarakat untuk terus menerus berupaya memulai nilai-nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan rakyat indonesia.

Upacara Hari Pahlawan Kabupaten Fakfak Tahun 2019 berlangsung dengan hikmah selanjutnya Wakil Bupati beserta Forkorpimda dan Kepala OPD melaksanakan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lembah Onim Fakfak serta ziarah Laut. [HDW]

Sumber: diskominfoperstatik.fakfakkab.go.id

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close