Bupati dan Wakil BupatiMasyarakatWisata, Sosial & Budaya

Wakil Bupati Fakfak Membuka Festival Budaya Dalam Rangka Hut Fakfak Ke – 119

FAKFAK, fakfakkab.go.id  – Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si Membuka Festival budaya dan Kuliner dalam rangka HUT Kota Fakfak ke 119, di Gedung Koni Kabupaten Fakfak, Rabu (13/11/2019 ) pagi.

Wakil Bupati Fakfak dalam sambutannya  mengatakan, program prioritas kabupaten Fakfak yaitu Gerakan Membangun Kampung Bercahaya (Gerbang Kaca), tujuannya adalah setiap kampung akan mengelola produk atau potensi  unggulannya yang diharapkan  mempunyai nilai ekonomisnya atau ada nilai tambah bagi  masyarakat,   sehingga  kampung  yang masuk dalam Gerbang  Kaca akan dikeroyok oleh instansi secara terpadu, rata-rata setiap Distrik ada 2 kampung per tahunnya .

Wakil Bupati  berharap,  untuk tetap harus konsistensi  dengan apa yang sudah dihasilkan, dan percaya bahwa semangat yang telah ditanamkan harus tetap dijaga, disamping promosi menghasilkan produk-produk dari setiap distrik  atau kampung, juga akan diadakan pameran budaya dalam mempersiapkan generasi  muda  kita supaya  tidak lupa tari-tarian khas Fakfak  yang  setiap  tahun dalam rangka ulang tahun Provinsi Papua Barat  dilombakan di Manokwari, dan Kabupaten Fakfak selalu setia mengikuti,  supaya orang kenal budaya Fakfak seperti apa, ujarnya.

Lebih lanjut  Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si mengajak warga Fakfak agar  bangga dengan kabupaten Fakfak, bangga teradap jati diri masyarakat Fakfak “ Mari kita bangga dengan Kabupaten kita, kita bangga dengan diri kita” tegasnya

Ditegaskan kembali , sesuasi  Visi Pemerintah Kabupaten Fakfak, menurut Wakil Bupati ada 3 (tiga) ; makna yang terpenting yaitu “Ada  Martabat, ada Daya Saing, ada sejahtera, dan acara   pada  hari ini  berFokus pada Martabat dan harga diri orang Fakfak” pungkasnya.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati pesan untuk seluruh komponen masyarakat bersama – sama bergandengan tangan memajukan Kabupaten Fakfak.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Budaya dan kuliner dalam rangka HUT Kota Fakfak ke- 119, Ferdinand Pihiwi, S.Sos, M.Si  selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak melaporkan  tujuan diselenggarakannya festival  yaitu :

  1. Sebagai sarana untuk menggali dan mewujudkan budaya masyarakat adat Fakfak;
  2. Sebagai sarana untuk memberikan informasi dan data kepada khalayak terhadap keberadaan budaya Fakfak;
  3. Sebagai sala satu sarana mempromosikan budaya Fakfak untuk meningkatkan pembangunan pariwisata;
  4. Mengaktualisasikan adat budaya sebagai warisan dari leluhur;
  5. Mengungkapkan jati diri masyarakat adat Kabupaten Fakfak;
  6. Menumbuhkembangkan rasa memiliki dan mencintai budayanya sendiri;
  7. Menjadi inspirasi silaturamimasyarakat adat Fakfak;
  8. Menampilkan hasil produksi dan kreatifitas masyarakat adat Fakfak;
  9. Pelatihan Sertifikasi pengolaan pangan untuk kelompok UKM;
  10. GENRE, yaitu Generasi Berencana

Disebutkannya 17 Distrik terlibat dalam kegiatan festival lomba tari Titir dan Tumor, lomba Popsong, lomba Mbusam, lomba kuliner, lomba Genre, serta lomba pameran hasil olahan masyarakat. Yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 15 November 2019, selanjutnya tanggal 16 November 2019 akan dilaksanakan Upacara HUT Fakfak ke – 119 bertempat di rumah Negara Bupati Fakfak.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretais Dirjend pada Kementerian Koperasi  UKM yang akan memberikan pelatihan Sertifikasi pengolahan pangan kelompok UKM yang  dilaksanakan di hotel Grand Papua.

Pembukaan Festifal Budaya  dan Kuliner Kabupaten Fakfak dalam rangka HUT Fakfak ke -119 ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Wakil  Bupati Fakfak,  selanjutnya Wakil Bupati didampingi Sekretaris pada Dirjend Kementerian Koperasi UKM, Sekretaris Daerah beserta Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabaupaten Fakfak meninjau  Stand  pameran UKM Distrik –  Distrik,   serta diakhiri  dengan atraksi tari tarian Titir Tumor oleh para pelajar. [NP]

Sumber: diskominfoperstatik.fakfakkab.go.id

 

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close