Bupati dan Wakil BupatiMasyarakatPendidikan

Tanggap Covid-19, Bupati Fakfak Ikut Serta Dalam Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh (DARING) Melalui Video Conference Bersama SMP Yapis 1 Fakfak

FAKFAK, fakfakkab.go.id – Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui Dinas Kominfostaper Kabupaten Fakfak pada hari Sabtu 04 April 2020 menyelenggarakan uji coba program pembelajaran jarak jauh (DARING) melalui video conference yang dipantau langsung oleh Bupati Fakfak (Dr. Mohamad Uswanas, M.si) dan Wakil Bupati Fakfak (Ir. A. Sopaheluwakan, M.si) uji coba pembelajaran jarak jauh ini sendiri secara interaktif  diikuti kepala sekolah, guru mata pelajaran PKN dan sejumlah siswa SMP Yapis 1 Fakfak. Hal ini dilakukan sebagai dukungan terhadap keputusan dan arahan langsung Bapak Presiden Republik Indonesia terkait belajar dari rumah selama siswa diliburkan terkait pencegahan dan penyebaran wabah Covid-19.

Program pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara interaktif adalah kegiatan belajar mengajar sehari-hari, namun dilakukan secara online, guru dan murid menggunakan fasilitas video conference untuk berinteraksi langsung pada saat jam belajar mengajar.

Dalam video conference tersebut Bupati sebagai kepala daerah memberikan arahan khusus kepada para siswa SMP Yapis 1 Fakfak agar tidak pasif dalam belajar, siswa sudah semestinya aktif dalam menggunakan program belajar jarak jauh agar siswa mampu menciptakan dinamika belajar dan mampu menjawab apa yang mereka cari.

Dalam konteks keilmuan, Beliau juga memotivasi para guru agar mengefektifkan pola belajar karena pola belajar jarak jauh akan memberikan ruang baru dalam strategi belajar mengajar di Indonesia “Fakfak pasti bisa”.

Pelaksanaan program ini tidak sederhana tetapi relatif mudah karena adanya teknologi, tatap muka secara digital dapat difasilitasi dengan ketersediaan jaringan internet dan membutuhkan perangkat seperti telepon seluler pintar, tablet dan juga laptop.

Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui Dinas Kominfostaper Kabupaten Fakfak berusaha dengan keterbatasan yang ada agar mampu menyiapkan program aplikasi pembelajaran jarak jauh (DARING) melalui video conference, yang nantinya bisa dikelola oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak dan secara langsung dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Fakfak. [VNY]

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close