Pemerintahan

Dinkes Fakfak Vidcon dengan Kemendagri Terkait Pemetaan Kodefikasi dan Nomenklatur Bidang Kesehatan

FAKFAK, fakfakkab.go.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak melaksanakan Video Conference (Vidcon) dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) terkait pemetaan, klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur bidaan Kesehatan.

Vidcon diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto, SKM. M.Si didamping Sekretaris dan Kepala Bidangnya di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Selasa (21/4/2020) kemarin.

Dalam Vidcon, Dr. Eduard Sigalinggi, M.Si Direktur SUPD II Ditjen Bina Banda Kemendagri sebagai narasumber menyampaikan pemetaan penggunaan nomenklatur urusan kesehatan sesuai Permendagri Nomor 90 tahun 2019.

Dijelaskannya, Permendagri Nomor 90 tahun 2019, yang dimaksud klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah adalah penggolongan, pemberian kode, dan daftar penamaan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, yang disusun secara sistimatis sebagai acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan keuangan daerah.

Ditegaskannya, dalam Permendagri Nomor 90 tahun 2019 bahwa pemerintah daerah menyusun dokumen rencana pembangunan daerah, dokumen rencana perangkat daerah dan dokuem pengelolaan keuangan daerah sesuai ketentuan perundang-undangan.

Penyusunan dokumen, lanjut dia, menggunakan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah digunakan pada tahapan perencenaan pembangunan daerah, perencanaan anggaran daerah, akuntasi dan pelaporan keuangan daerah, pertanggungjawaban keuangan daerah, pengawasan keuangan daerah dan analisis informasih pemerintahan daerah lainnya.

Sementara Dr. Sawidjan Gunadi, M.Kes sebagai Badan Eksekutif PP Adinkes menyampaikan usulan definisi operasional nomenklatur kesehatan sesuai Permendagri Nomor 90 tahun 2019 dalam bentuk draft yang akan dibahas lebih lanjut.

Hasil video conference ini akan digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan pemetaan klasifikasi, kodefikasi dan nomeklatur bidang kesehatan.

Diketahui bahwa, Vidcon ini merupakan fasilitas Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Dinaskominfostaper) Kabupaten Fakfak [Dinaskominfostaper Kabupaten Fakfak]

 

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close