Pemerintahan

Vidcon Kemendagri Bahas Pembentukan Satgas Monitoring Ketahanan Pangan Daerah

FAKFAK, fakfakfab.go. id – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Video Conference (Vidcon) dengan Para Sekda tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, Jumat (14/5/2020) pagi.

Untuk Kabupaten Fakfak Vidcon diikuti oleh Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak, Charles Kambu, S.Sos. M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muhamad Soleh, S.Hut, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfostaper) Donald S.H. Wenggi, ST. M.M.

Vidcon yang dipimpin langsung Sekretatris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Muhammad Hudori membahas terkait pembentukan Satuan Tugas Monitoring Ketahanan Pangan Daerah.

Pembentukan satuan tersebut guna memastikan ketersediaan distribusi dan stabilisasi harga 11 bahan pangan diantaranya, beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi atau kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng.

Kementerian Dalam Negeri ingin memastikan dengan terbentuknya Satgas tersebut di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, diperlukan langkah yang cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergis antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Sekjen Kemendagri mengatakan, Satuan Tugas diketuai oleh Sekretaris Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) yang beranggotakan dari Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, TNI/Polri serta Bulog.

“Satuan Tugas bertanggung jawab kepada Gubernur, Bupati dan Walikota. Satuan Tugas Kabupaten/Kota melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara harian melalui alat komunikasi (email/whatsapp) kepada Gubernur masing-masing dengan tembusan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri,”ujarnya.

Satgas ini diperlukan untuk memberi bahan masukan untuk menyusun kebijakan ditengah pandemi ini, mengetahui potensi pangan dan distribusi, supply dan demand bahan pangan, identifikasi kendala dalam pengadaan bahan pangan, serta menginformasikan secara real time kondisi harga bahan pangan.

Vidcon yang dilaksanakan di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak merupakan fasilitas Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Fakfak. [Diskominfostaper Kabupaten Fakfak]

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close