Bupati dan Wakil BupatiPemerintahan

Bupati Fakfak Ikuti Upacara HUT RI Ke- 75 Secara Virtual Bersama Presiden Dan Wakil Presiden RI

Fakfak, Fakfakkab.go.id – Setelah melaksanakan Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke – 75 Tahun 2020, pukul 09.00 – 10.00 WIT bertempat di halaman Kantor Bupati Fakfak, Bupati Fakafak DR. Drs Mohammad Uswanas, M.Si dan Wakil Bupati Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si, bersama Forkopimda, Ketua DPR, Ketua Pengadilan Negeri, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Fakfak pada pukul 12.00 WIT bertempat di Rumah  Negara  Bupati  mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke- 75, Tahun 2020 yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta melalui Vidio Converence bersama Presiden dan Wakil Presiden RI oleh Kantor Sekretariat Presiden, (Senin, 17/08/2020)

Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun ini tidak dilaksanakan seperti pada tahun –tahun sebelumnya, mengingat situasi wabah Covid-19 yang masih melanda Negara kita, sehingga Upacara peringatan HUT RI tahun ini dilaksanakan secara sederhana dengan peserta yang terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai petunjuk dan pedoman pelaksanaan peringatan HUT RI dari Menteri Sekretrais Negara maupun dari Menteri Dalam Negeri .

Sesuai petunjuk dan pedoman tentang Pelaksanaan Peringatan HUT RI Ke-75 Tahun 2020 dari Menteri Sekretaris Negara maupun dari Menteri Dalam Negeri, Kepala Daerah dan Wakil Kepala  Daerah, Forum Koordinasi Pimpimnan Daerah (FORKOPIMDA), Kantor/Lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan ke- 75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara Virtual dari kantor masing-masing sedangkan Para pimpinan Tinggi Pratama atau sederajat dan pegawai pada instansi pusat maupun daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditayangkan oleh Stasiun Televisi dari tempat tinggal masing-masing.

Secara Umum Susunan acara Upacara berajalan seperti biasanya, namun ada yang disederhanakan, seperti tidak adanya amanat Inspektur Upacara, jumlah personil petugas upacara maupun jumlah undangan  dan peserta pacara  yang hadir secara langsung sangat        terbatas, dan     Jumlah Pasukan Perngibar bencdera hanya tiga orang.

Upacara HUT RI ke-75 Tahun 2020 hanya dihadiri oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, beserta sejumlah pimpinan lembaga tinggi Negara dan menteri hadir secara langsung mengenakan busana adat nusantara, sementara Presiden dan Wakil Presiden RI terdahulu mengikuti jalannya Upacara secara Virtual dari kediaman masing-masing. Demikian pula para Kepala Daerah, peserta, dan undangan lain mengikuti jalannya upacara secara virtual dari kantor dan tempat tinggal masing- masing dengan mengenakan busana daerah masing-masing pula.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara mengenakan Busana adat dari Kabupaten Timor Tengah selatan Provinsi NTT yaitu Kain Tenun Berantai Kaif Nunkolo, Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor, AA, Jabatan saat ini sebagai  Asops  Paspamres,  Pembacaan naskah Proklamasi dilakukan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo, dan pembacaan do’a oleh Menteri Agama Facrul Razi. Adapun Tema HUT RI tahun 2020 ini yaitu ‘’INDONESIA MAJU’’

Meski digelar secara terbatas untuk menyesuaikan dan menjalankan protocol kesehatan ditengah pendemi Covid-19, Upacara peringatan HUT RI tgl 17 Agustus tahun ini tetap berlangsung dengan kidmat. Para tamu undangan serta peserta yang mengikuti jalannya upacara secara langsung maupun secara Virtual dari latar belakang yang beragam dengan pakaian adat daerah masing-masing nampak penuh antusias mengikuti prosesi upacara, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Fakfak beserta Forkopimda dapat mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 bersama Presiden dan Wakil Presiden di Istana Merdeka secara Virtual dengan lancar dan khidmad.

Agenda berikutnya pada pukul 17 00 WIT Bupati dan Wakil Bupati akan melakukan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di halaman Kantor Bupati Fakfak, kemudian pada pukul 19.00 WIT atau jam 7 malam, Bupati akan mengikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih secara Virtual dari Istana Merdeka dilanjutkan dengan acara Resepsi kenegaraan sesuai protokol kesehatan bertempat di Winder Tuare Fakfak. (DiskominfoStaper)

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close