Motto Pembangunan

Pembangunan Kabupaten Fakfak dalam visi dan misi yang di emban selama 5 Tahun 2016-2021 memiliki motto “FAKFAK BERMITRA”. Motto ini sebagai harapan mendorong semangat membangun yang dilandasi oleh nilai-nilai keakraban dan persahabatan sebagai modal dasar pembangunan. “Fakfak Bermitra” sebagai Motto yang ingin diwujudkan dalam upaya menjalin silaturahmi untuk mencapai visi dan misi pembangunan Fakfak 2016-2021 dengan gerakan Membangun kembali di Mulai dari Kampung.

Filosofi Fakfak Bermitra terdapat 5 huruf sebagai kata kunci dalam merangkai kalimat Bermartabat, Berdaya Saing dan Sejahtera. Kelima kata kunci tersebut memiliki bobot yang berbeda untuk mencapai tujuan dengan target pembangunan. Bermartabat yang ingin di capai di wakili satu huruf “M” yang tidak memberikan arti yang tinggi. Berdaya saing di wakili satu huruf “I” dalam pengertian suatu keunggulan namun tanpa dilakukan dengan cara yang tidak wajar. Sejahtera di wakili oleh 3 huruf dengan penekanan pada kata “TRA” sebagai sasaran kesejahteraan masyarakat yang ingin di capai. Kata Bermartabat sebagai bentuk penghantar untuk mencapai tujuan, Berdaya Saing sebagai bagian dari proses yang akan dilakukan dan Sejahtera sebagai suatu sasaran yang ingin di capai dalam proses pembangunan yang dilakukan. The meany of Vission, maka dari visi tersebut adalah bermitra. Kata mitra dapat menjadi akronim dari tiga kata visi tersebut diatas namun kata mitra sendiri mengandung makna kebersamaan, saling menghormati, saling menghargai, saling membantu. Dalam arti khusus untuk kesejahtraan yang berakar pada nilai “Satu Tungku Tiga Batu Satu Hati Satu Negeri’.

Filosofi Fakfak Bermitra dengan kelima kata kunci memiliki bobot yang berbeda untuk mencapai tujuan sesuai dengan target pembangunan.

  • Kata Bermartabat, terdiri dari huruf “M” hanya satu huruf. Bermartabat adalah kondisi yang diharapkan terbentuknya masyarakat dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan. Bermartabat juga suatu tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku ramah dan masyarakat yang memiliki sopan santun, taat atau dan saling bermitra dengan orang lain. Bermartabat juga bermakna berkarakter, percaya diri dimana kondisi psikologis masyarakat yang merasa ikut memiliki dan rasa ikut bertanggungjawab, rasa percaya diri karena memiliki sifat jujur, visioner, kerja sama, peduli dalam mencapai masyarakat yang sejahtera.
  • Kata Berdaya Saing dari huruf “I” juga diwakili oleh 1 huruf. Dengan pengertian suatu keunggulan masyarakat yang dilakukan melalui sebuah proses yang benar tanpa dilakukan dengan cara yang tidak wajar.
  • Kata Sejahtera di wakili 3 huruf “TRA” di maksudkan sebagai tujuan akhir atau sasaran bermitra dalam rangka mewujudkan masyarakat Fakfak yang sejatra lahir dan batin. Yang dimaksudkan adalah terpenuhinya kebutuhan hidup dengan strandart hidup tertentu yang lebih baik. Sejahtera tersebut dimaksudkan meliputi:
  • Sejahtera karena mampu mengubah potensi yang dimiliki.
  • Sejahtera karena mampu mengubah sumber daya menjadi potensi dalam menciptakan kesejahteraan.
  • Sejahtera karena mampu beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga terdapat hati yang bercahaya seperti yang diharapkan dari program kampung ideal.

Dengan demikian “Fakfak Bermitra” sebagai Motto yang ingin diwujudkan dalam menjalin silaturahmi/bersahabat untuk mencapai visi dan misi pembangunan Fakfak 2016-20121 dengan gerakan Membangun kembali yang di Mulai dari Kampung atau melalui gerakan membangun kampung bercahaya (GERBANG KACA).

Close
Close