Pertanian

Sektor pertanian menjadi bagian sektor prioritas yang dikembangkan di Kabupaten Fakfak. Beberapa bagian wilayah mempunyai lahan pertanian yang cukup luas dan potensial untuk dapat dikembangkan dalam mendukung penyediaan hasil-hasil produk pertanian. Demikian pula mendukung ketahanan pangan lokal seperti tanaman umbi-umbian dan tanaman pangan serta holtikultura. Wilayah yang berpotensi untuk pengembangan pertanian terdapat di Distrik Bomberay, Distrik Tomage, Distrik Mbahmdandara, Distrik Kramongmongga, Distrik Kayauni, Distrik Karas dan Distrik Fakfak Barat.

Gambaran lahan Pertanian di Kabupaten Fakfak

Wilayah yang sedang disentuh oleh program nasional adalah Distrik Bomberay dengan program Agropolitan menjadi unggulan. Intensifikasi dan ekstensifikasi lahan sawah dan peternakan menjadi prioritas dilakukan di distrik ini. Demikian pula pada wilayah distrik lainnya, sub sektor pertanian tanaman pangan lokal mencakup tanaman lokal (komoditi ubi kayu, ubi jalar, kacang-kacangan) dan buah-buahan (Durian, Langsat, mangga, rambutan, pisang). Dilihat dari perkembangan produktivitas hasil tanaman padi dan bahan pangan utama lokal lainnya dapat digambarkan pada tabel berikut.

Persentase Produktivitas Padi atau Bahan Pangan Utama Lokal lainnya
per Hektar Tahun 2011-2015 Kabupaten Fakfak

Statistik Tanaman Pangan
Di Kabupaten Fakfak Tahun 2010-2015

Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil pertanian, Pemerintah Kabupaten Fakfak telah mencanangkan program pertanian dengan mengalokasikan program Agropolitan yang berlokasi di Distrik Bomberay dan program Agrowisata yang berada pada Distrik Kramongmongga. Dengan adanya kawasan ini diharapkan pemerintah Kabupaten Fakfak tidak kehilangan produksi hasil pertanian bahkan meningkatkan hasil pertanian baik kualitas maupun produktivitasnya.

Beberapa jenis produk hasil pertanian belum tergambarkan secara jelas mengenai kuantitasnya karena menyebar secara sporadis di masyarakat petani pada wilayah-wilayah pertanian masing-masing.

Close
Close