Pertambangan dan Energi

1. Potensi Pertambangan

Potensi pertambangan di Kabupaten Fakfak berdasarkan Peta geologi dan hasil sesmik memiliki potensi cadangan gas dan mineral cukup besar, dengan penyebaran potensi-potensi kegiatan pertambangan yang belum tergali antara lain meliputi gas bumi terdapat di Distrik Fakfak Timur, Distrik Fakfak Timur Tengah, Karas, Bomberay dan Distrik Kokas, Distrik Arguni, Distrik Mbahmdandara sedangkan Emas, biji besi dan batubara sedang dilakukan survey di Fakfak.
Kegiatan pertambangan di Kabupaten Fakfak meliputi pertambangan golongan C, Kegiatan pertambangan lainnya masih pada tahap sesmic dan eksplorasi gas bumi di Distrik Bomberay, Distrik Kokas dan pada block-block tertentu di wilayah Distrik Fakfak Timur dan Distrik Karas.

Pertambangan golongan C di Kabupaten Fakfak

Seiring dengan pelaksanaan Otonomi Daerah dan sesuai dengan PP terbaru kewenangan pemerintah dalam pengelolaan bidang pertambangan dan pemanfaatan sumber daya mineral, energi serta air bawah tanah menjadikan urusan provinsi oleh karena itu menjadi peluang investasi dan perdagangan sektor pertambangan yang makin terbuka. Daerah juga memiliki kewenangan dalam pemberian ijin usaha inti pertambangan umum lintas kabupaten kota yang meliputi eksplorasi dan eksploitasi. Selain itu, daerah juga memiliki kewenangan dalam pengelolaan sumber daya mineral dan energi non migas pada wilayah laut dari 4 mil s/d 12 mil.

Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa memang tidak dapat dipisahkan dari energi. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi bangsa tersebut, semakin tinggi pula intensitas penggunaan energi. Begitu pula dengan Indonesia secara umum dan Kabupaten Fakfak secara khusus. Sebagai kabupaten yang sedang memacu pertumbuhan ekonominya, peran strategis pertambangan dan energi bagi perekonomian regional bisa kita lihat dari beberapa sisi. Diantaranya dari data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Banyaknya Perusahaan dan Produksi
Di Kabupaten Fakfak Tahun 2015

 

2. Potensi Listrik dan Air Minum

Tenaga listrik yang diproduksi selama tahun 2014 berfluktuasi dari 26.949.356 KWH. Jumlah pelanggan listrik PLN dalam periode tersebut sebesar 13.810 pada tahun 2014. Sedangkan terkait dengan kinerja PDAM memiliki pelanggan mencapai 1.872 yang aktif dengan nilai produksi 1.661.480 m².

Banyaknya Pelangan Listrik dan Air Minum
Di Kabupaten Fakfak Tahun 2016

 

Close
Close