BeritaBupati dan Wakil BupatiMasyarakatPemerintahan

BUPATI FAKFAK HADIRI TABUR BUNGA DAN ZIARAH LAUT UNTUK MENGENANG JASA PARA PAHLAWAN

fakfakkab.go.id – Fakfak, 10 November 2022 – Mengutip dari laman Kompas.com, Machmud Singgirei Rumagesan adalah Pahlawan Nasional asal Kabupaten Fakfak.

Semasa hidupnya, ia pemerintah Kolonial Belanda. Salah satu perlawanan yang dilakukan adalah saat Machmud Singgirei Rumagesan memimpin Gerakan Tjendrawasih Revolusioner Irian Barat pada 1953.

Gerakan yang ia pimpin ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia merebut dan memperjuangkan Irian Barat dari kolonial Belanda.

Pada zaman dan dimensi yang berbeda, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lembah Onim dan Pelabuhan “Ndari Pihiwe” Kabupaten Fakfak, pelaksanaan upacara serta tabur bunga untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia termasuk didalamnyatempat Irian Barat dari Penjajah Belanda.

Bupati Fakfak dan Wakil Bupati Fakfak turut menghadiri upacara tersebut. Upacara yang diadakan di Taman Makam Pahlawan Lembah Onim Fakfak ini di Pimpin oleh Inspektur upacara Dandim 1803 Letkol Inf. Tri Handoko Wicaksono serta komandan upacara Sertu Adhani .A.

Lalu dilanjutkan dengan upacara dan ziarah laut yang berlokasi di pelabuhan laut Ndari Pihiwe dengan Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Negeri (KAJARI) Fakfak, Nixon Nikolaus Nilla, SH, MH, Serta komandan upacara Ipda Yanis dari Pol Air.

Mengenang jasa para pahlawan adalah bagian dari cara kita menghadapi perjuangan mereka dalam kehidupan sehari-hari yang disesuaikan dengan konteks kehidupan modern saat ini.

Sebagai penutup, mengutip dari pesan Jendral besar TNI (Anumerta) Sudirman (24 Januari 1916 – 29 Januari 1950) “Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia , siapa pun juga”.

Adapun undangan yang turut hadir dalam Kedua Upacara tersebut yakni Bupati Fakfak, Forkopimda, Anggota DPR, Asisten III Setda serta undangan Lainnya. ( PROKOPIM SETDA )

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker