BeritaBupati dan Wakil BupatiMasyarakatPemerintahanPendidikan

BUPATI FAKFAK PANTAU LANGSUNG ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR KABUPATEN FAKFAK

fakfakkab.go.id – Fakfak – 31 Oktober 2022, Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si. yang didampingi oleh Kepala Bagian PROKOPIM (Protokol dan Komunikasi Pimpinan) Setda, Crisye A. Talla, SE, M.Si. memantau langsung jalannya pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau yang biasa kita kenal dengan _Computer Based Test_ ( CBT) di SD Negeri 1 Fakfak, SD Inpres 1 Fakfak dan SD Inpres Kayu Merah.

ANBK yang dijalankan ini sebagai pengganti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), hal ini merujuk pada Permendikbudristek No.17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional.

Selaras dengan itu Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, Fakfak Tersenyum adalah bagian yang Intergral dari terlaksananya Pendidikan di Kabupaten Fakfak dengan Mutu pendidikan yang berkualitas.

ANBK dicanangkan untuk meningkatkan hasil belajar murid. Di mana ANBK menghasilkan informasi untuk memantau pengembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu.

Melansir dari laman resmi Kemendagri berikut tujuan dari ANBK, yaitu :

*1. Menganalisa Karakter*
Tujuan ANBK yang pertama adalah memaksimalkan analisa karakter peserta didik. Melalui ANBK, dapat dianalisa pula hasil belajar social-emosional masing-masing peserta. Analisa karakter peserta diukur dari beberapa aspek profil belajar pancasila.

*2. Meningkatkan Kemampuan* Literasi
Tujuan ANBK selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

*3. Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar*
Tak hanya dapat meningkatkan kemampuan literasi, tujuan ANBK lainnya adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar. Adanya ANBK, dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar-mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan lagi. Apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

*4. Meningkatkan Kemampuan Numerasi*
Sementara itu, tujuan ANBK juga dapat meningkatkan kemampuan numerasi. Melalui ANBK, dapat diukur kemampuan numerasi setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi masing-masing peserta.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah sebuah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. (PROKOPIM SETDA)

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker