BeritaBupati dan Wakil BupatiMasyarakatPemerintahanPendidikan

BUPATI FAKFAK PIMPIN APEL PAGI BERSAMA PARA GURU DAN SISWA DI SD NEGERI 1 FAKFAK

fakfakkab.go.id – Fakfak, 2 November 2022, Apel pagi yang dilaksanakan di halaman Sekolah Dasar Negeri 1 Fakfak ini, dihadiri oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, yang juga bertindak sebagai Pembina Apel.

Dalam amanatnya Bupati Fakfak menjabarkan bahwa “Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan tahapan penting yang harus dilalui untuk melanjutkan pendidikan pada jejang yang lebih tinggi”.

Pemerintah Kabupaten Fakfak beserta Jajarannya telah mempersiapkan langkah-langkah strategi guna peningkatan mutu Pendidikan dan Sumber Daya Manusia.

Lanjutan beliau dalam Arahnya “hal ini telah jelas dalam Visi Misi Fakfak Tersenyum, dalam Misi pertama yaitu tentang penyelenggaraan Pendidikan, oleh sebab itu untuk Ibu guru dan Bapak Guru, pendidikan adalah hal wajib, sehingga nantinya akan terjadi peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Fakfak” .

Pada akhir Arahnya, Bupati Fakfak berkomitmen agar Tahun 2023 pelaksanaan ANBK akan Pemantauan di Kampung dan Distrik Terjauh di Kabupaten Fakfak.

Adapun dalam ANBK mengacu pada tiga instrumen dasar yaitu :

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen pertama dalam ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum yang fokuskan untuk mengukur sejauh mana pemahaman tentang literasi membaca dan matematika murid tercapai. literasi membaca sendiri diartikan sebagai kemampuan murid untuk memahami dan menguasai berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara literasi matematika adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan perhitungan dalam menyelesaikan suatu masalah.

2. Pengawasan Karakter

Dalam instrumen ini, murid akan diukur melalui enam karakter profil pelajar pancasila, yaitu:

  • Berakhlak mulia
  • Berkebinekaan global
  • Bergotong royong
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • kreatif

3. Survei Lingkungan Belajar

Sementara instrumen terakhir adalah Survei Lingkungan Belajar, yang dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah seperti murid, guru, dan kepala sekolah. ( PROKOPIM SETDA )

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker