BeritaBupati dan Wakil BupatiPemerintahanPendidikan

DIGITAL TALENT BERGULIR HINGGA KABUPATEN FAKFAK

fakfakkab.go.id – Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar melalui Pelatihan Thematic Academy (TA) dan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) kembali menyapa masyarakat dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM dalam bidang TIK serta meningkatkan inovasi dan peluang baru bagi pelaku UMKM dalam menghadapi perubahan di era digital saat ini. Untuk mendorong hal tersebut, BBPSDMP Kominfo Makassar berkolaborasi dengan Dinas Kominfo, Dinas Koperasi dan UKM serta Kementerian Agama Kabupaten Fakfak dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan yang kali ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Papua pada tanggal 12-16 Oktober 2022.

Terlaksananya pelatihan DEA dengan tema Woman in Digital Entrepreunership (WiDE) dan Pelatihan TA dengan tema aplikasi Perkantoran bagi Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, GTK Madrasah di Kabupaten Fakfak merupakan bentuk kerjasama antara BBPSDMP Kominfo Makassar dengan pemerintah daerah. Hal ini disampaikan dalam Sambutan Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Dr. R. M. Agung Harimurti, M.Kom, yang diwakili oleh Bapak Mukhlis Amin, S.T, M.T. Beliau menjelaskan “Kegiatan ini nantinya akan menjawab tantangan Digitalisasi UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 sehingga terlahir para Digipreneur aktif dan melek digital serta mendorong peningkatan pengetahuan di bidang TIK bagi para pengelola pesantren, penyuluh agama, dan tenaga pendidik madrasah”.

Tabuhan tifa menandai dibukanya kegiatan secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Fakfak Ibu Yohana Dina Hindom, S.E, MM., pada hari Rabu (12/10/22) di Ballroom Hotel Grand Papua. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran dan pegawai BBPSDMP Kominfo yang telah memberikan perhatian kepada peningkatan SDM masyarakat kabupaten Fakfak. Dalam sambutan ini pula beliau mengungkapkan dan memberikan motivasi kepada peserta bahwa ekonomi digital di era revolusi industri 4.0 ini, merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha untuk menembus pasar lebih luas. Melalui teknologi digital, pelaku usaha dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, membuka akses ke pasar luar negeri, transaksi yang lebih mudah, dan biaya yang lebih murah. Oleh karena itu, kegiatan DEA ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi serta mendorong pelaku usaha dan UMKM menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi. Melalui pelatihan ini juga diharapkan para pengelola pesantren, penyuluh agama dan tenaga kependidikan madrasah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang TIK sehingga hal tersebut akan mendukung percepatan transformasi digital secara nasional di Indonesia khususnya di Kabupaten Fakfak.

Kegiatan pelatihan ini akan dibawakan oleh Instruktur dari BBPSDMP Kominfo Makassar dan Instruktur eksternal. Selanjutnya kegiatan pelatihan DEA ini akan dilaksanakan dalam 2 Batch yaitu batch 1 pada tanggal 12-13 Oktober 2022 dan batch 2 pada tanggal 14-15 Oktober 2022 dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 132 orang peserta dengan melibatkan berbagai unsur kewirausahaan. Sedangkan pelatihan TA akan dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 12-16 Oktober 2022 .

(BBPSDMP KOMINFO MAKASSAR)

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker