Pemerintahan

FGD Pembahasan RSNI Pala Fakfak ( Myristica Argentea Werb ) (Myristica Argentea Werb)

FAKFAK, fakfakkab.go.id – Bertempat di Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rencana Standar Nasional Indonesia (RSNI)   Pala Fakfak  (Myristica Argentea Werb) Tahap I diselenggarakan secara virtual dengan melibatkan Yayasan Inobu (Yayasan Peneliti Inovasi Bumi).  Kegiatan yang  diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan ini dibuka secara resmi oleh    Wakil Bupati   Fakfak   Ir. Abraham Sopaheluwakan M.Si dan bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut, Asisten II Charles Kambu, S.Sos, M.Si, ikut juga dalam acara tersebut Dirjen Perkebunan, Kadis Perkebunan Propinsi Papua Barat, Prof. Joni Monarsodan Tim Peneliti dari Yayasan Inoba, , Balitbang Papua Barat,  UNIPA ,dan Kadis Perindag Kab. Fakfak ,Senin,09 November 2020.

Dalam Kesempatan ini Kadis Perkebunan Kabupaten Fakfak Ir. Abdul Rahim Fatamasya,M.Si mempresentasikan laporan terkait Pala Fakfak , beliau menyampaikan bahwa  produksi pala Fakfak juga ada di kaimana, bintuni sampai ke Seram Bagian Timur. Tanaman, Pala Fakfak ini adalah milik masyarakat Kab. Fakfak dan merupakan sumber pendapatan utama ekonomi dari masyarakat Fakfak dan disambut baik oleh pemerintah, masyarakat maupun pengusaha.

Pala Fakfak adalah pala yang mempunyai spesifik yg khusus dan sangat berbeda dilihat dri bentuknya, ukuran nya besar , dagingnya,biji dan fulli yg berbeda dari pala banda kemudian dari segi dan cara panen,pengeringan dan pengolahannya membutuhkan peralatan dan penanganan yang sangat khusus. Pala Fakfak juga memiliki kandungan lemak dan minyak  yang sangat tinggi skali dibandingkan dengan pala banda. Pala Fakfak ini telah dilakukan pelepasan varietas kemudian telah memperoleh indikasi geografis dengan nama pala tomagen Fakfak dan telah memiliki sertifikat kampung organik .Perlu kami sampaikan juga bahwa hadil dari pengolahan pala Fakfak ini adalah telah dilakukan pengolahan lemak pala dalam bentuk pembuatan balsem pala yang telah kita lakukan dg green ekonomi grout, makanan dan minuman dari daging buah pala serta pengolahan kosmetik , ungkapnya.

Dengan terlaksananya Kegiatan FGD ini maka diharapkan Pengolahan mulai dari pemulihan benih sampai dengan panen dan pasca panen  ini bisa dilakukan dengan baik, diterbitkan nanti SNI pala Fakfak, kualitas pala Fakfak semakin baik, Pala Fakfak dapat bersaing baik didalam maupun diluar negeri, dan Meningkatkan kesejahteraan petani pala Fakfak.

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda