BeritaBupati dan Wakil BupatiMasyarakatPemerintahan

LANTIK PENGURUS LMA KABUPATEN FAKFAK, WAKIL BUPATI BERPESAN AGAR LMA MENJADI WADAH PEMERSATU SEMUA ELEMEN YANG ADA DI KABUPATEN FAKFAK

fakfakkab.go.id – Bertempat di gedung Winder Tuare, Kamis 15 Desember 2022 dilaksanakan Acara Pelantikan Pengurus dan Rakerda periode 2022-2023 Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Fakfak dengan mengusung tema Redeposisi, Revitalisasi Lembaga Adat Sebagai Mitra Pemerintah dalam mengawal Otsus di tanah Papua dan sub tema : “Dengan Jiwa dan Semangat Falsafah Satu Tungku Tiga Batu, Satu Sodara Satu Hati, LMA Berbenah menyongsong Peradaban Baru, Manggapai Kemajuan Negeri”.

Dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM, Sekretaris Daerah Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP, Asisten I Setda Arif. H. Rumagesan, S.Sos, M.AP, Ketua Harian LMA Provinsi, Perwakilan Polres Fakfak, Perwakilan Kodim 1803 Fakfak, Pimpinan OPD, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan SK dan Pelantikan Pengurus periode 2022-2027 serta penanda tanganan berita acara pelantikan pengurus LMA.

Kemudian Frangky Umpain selaku ketua harian Lembaga Masyarakat Adat Provinsi dalam sambutannya menegaskan bahwa LMA harus konsisten untuk membantu pemerintah dalam menjalankan Visi Pemerintah, kita harus bisa memperjuangkan kepentingan orang Papua. Kehadiran lembaga ini harus berkontribusi positif, hadir untuk memberikan solusi dan bersepakat bahwa hari ini perjuangan orang Papua tidak lagi di jalan namun mari membangun Papua dengan cara diskusi, berkomunikasi dengan baik dan mampu membangun sistem serta menjadi satu tim dengan pemerintah agar dapat menggapai harapan yang lebih baik, “Ujar Frangky”.

Tanggung jawab ini menjadi tugas dari LMA, dimana LMA dan masyarakat adat harus dapat menyiapkan diri menyambut amanah yang diberikan oleh negara lewat UU No. 2 Tahun 2021 tentang Otonomi khusus Papua dan juga INPRES No. 9 tahun 2022 tentang percepatan pembangunan propinsi Papua dan Papua barat.

Spirit ibarat sebatang rokok jika dinyalakan akan menghasilkan abu, pilihan ada ditangan kita ingin menjadi apa? memilih menjadi abu atau bara api? tetapi pilihlah untuk menjadi bara api agar semangat terus menyala-nyala didalam diri kita untuk kedaulatan orang Papua di negeri ini. Tempatkan diri kita bukan sebagai penerima melainkan menjadikan diri kita berkontribusi langsung mengelola dan membangun negeri ini. Pilihlah untuk menjadi solusi bukan menjadi masalah “Tegas Beliau”

Bahwa dalam Rakerda LMA telah di bahas berbagai program untuk masa kepengurusan 2022-2027, selain itu juga membahas berbagai Dinamika yang terjadi di Kabupaten.

 

Masih ditempat yang sama Wakil Bupati Fakfak Dalam Sambutannya Menyampaikan bahwa Amanah yang diemban sebagai pengurus LMA Kabupaten Fakfak mengandung makna dan konsekuensi, kita hendaknya mampu menjunjung tinggi adat dan budaya di negeri ini, Oleh sebab itu pengurus LMA diminta untuk pro aktif menggali dan menerapkan nilai-nilai yang terdapat pada masyarakat,sehingga kearifan lokal yang akan dilaksanakan terus terpelihara dan senantiasa berasaskan norma-norma yang berlaku di Kabupaten Fakfak.

Sebelum mengakiri sambutan, Wakil Bupati berpesan agar LMA dapat menjadi Wadah yang selalu menjadi pemersatu setiap elemen masyarakat yang ada di kabupaten Fakfak, Selain itu LMA juga diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah serta mampu mendukung setiap kebijakan pemerintah melalui Visi dan Misi Pemerintah Fakfak Tersenyum.

Selain itu LMA juga dituntut untuk dapat menciptakan kehidupan yang aman dan damai, mampu mewaspadai isu-isu yang tidak benar( Hoaks) Adu Domba, Ancaman Terorisme serta gesekan-gesekan yang bernuansa politik maupun sara yang dapat memecah-belah persatuan antar umat beragama di kabupaten Fakfak.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat penghargaan dan cinderamata dari LMA kepada Bupati Fakfak,Wakil Bupati Fakfak dan Sekda Fakfak.

(PROKOPIM SETDA)

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker