BeritaOPD

LOKAKARYA PENGINTEGRASIAN SISTEM ADMISTRASI DAN INFORMASI KAMPUNG

Fakfak – Bertempat di lantai lima Hotel Grand Papua Fakfak telah di laksanakan kegiatan lokakarya Pengintegrasian Sistem Administrasi dan Informasi kampung Plus (Saik +).

Sistem informasi kampung yang dikemas dalam aplikasi Saik Plus merupakan salah satu aplikasi pendataan masyarakat dan kampung yang dimiliki oleh pemerintah provinsi Papua Barat, sistem informasi ini lebih di kenal dengan sebutan PROSPPEK-OTSUS.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di kampung, kelurahan dan distrik dalam bidang ekonomi maupun pelayanan dasar, khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP).

Program ini terdiri dari 4 komponen yaitu: 1) memperkuat Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK+), 2) meningkatkan kapasitas kader dan aparatur kampung, 3) memperkuat Distrik dalam menjalankan tugas pembinaan dan pengawasan, dan 4) memperkuat kemampuan kampung dalam mendanai pelayanan dasar di tingkat kampung. Melalui keempat komponen di atas, diharapkan kampung dapat mengelola dan menggunakan anggaran kampung menjadi lebih efektif dan berhasil guna sesuai dengan tujuan nasional dan kebutuhan kampung.

Menjadi salah satu narasumber pada kegiatan tersebut, Kadis Diskominfo Fakfak yang diwakili Kabid Statistik, Erwin Dwiputra,S.Sos, M.Si mengatakan untuk mewujudkan data yang baik dan sempurna, diperlukan kualitas dan SDM yang handal untuk mengelola sistem ini.

“Untuk mewujudkan satu data daerah dibutuhkan integrasi teknologi dan juga integrasi regulasi” kalimat tersebut menjadi Penyampaian akhir dari materi presentasi yang dibawakan oleh Bapak Erwin Dwiputra,S.Sos, M.Si Senin, 27 September 2021

Tampil Lebih Banyak

Berita Terkait