BeritaBupati dan Wakil BupatiEkonomiMasyarakatPemerintahanWisata, Sosial & Budaya
Trending

MENTERI PERDAGANGAN ZULKIFLI HASAN HADIRI FESTIVAL BUDAYA TELUK BERAU “KO GAN’GANDIN”

fakfakkab.go.id – Dalam Rangka mewujudkan Visi dan Misi Tersenyum Maka Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Fakfak menyelenggarakan Festival Budaya Teluk Berau bertempat di Pasar Sosar Kokas dengan mengusung Tema “Mari Melestarikan Budaya Yang Merupakan Identitas” dan Sub Tema : Kembali Bersama Bersatu Dalam Persaudaraan“, Distrik Kokas.

Festival ini di ikuti oleh 9 Distrik dan 2 Kampung dengan menyuguhkan Tarian khas masing-masing Distrik, wisata kuliner, Perahu Kajang dan juga Pasar Barter yang menjadi tradisi dan budaya leluhur di sekitar Teluk Berau.

Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, dalam Arahannya menyampaikan ucapan terimakasih karena ditengah-tengah kesibukan Menteri Perdagangan masi menyempatkan diri meninjau dan mengikuti Festival Teluk Berau.

Melalui Festival ini, Pemerintah mencoba untuk mengangkat kembali Cerita tentang pertemuan para leluhur kita dalam sejarah dan kegiatan aktivitas barter yang telah berjalan sekian lama. “Sebagai generasi muda dan juga pemerintah harus mengangkat cerita ini dalam sebuah Festival sehingga menjadi catatan sejarah di Kabupaten Fakfak“, Tegas Untung Tamsil”.

Selain itu Bupati berharap agar Festival ini terus dilaksanakan dan bukan hanya menjadi kegiatan seremonial tetapi juga memberi dampak positif bagi pelaku – pelaku usaha Tradisional serta Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Masih ditempat yang sama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Menyampaikan bahwa kehidupan masyarakat di Kabupaten Fakfak patut menjadi contoh untuk daerah yang lainnya karna keragaman yang ada di kabupaten Fakfak begitu indah.

 

Budaya yang ada dikabupaten Fakfak harus dilestarikan dan ajaran juga mengajarkan dan ini harus saling mencintai sesama manusia dan walau kita beda agama mari kita saling menghargai sesama manusia.

Selain itu sebagai Umat beragama harus memuliakan satu dan yang lain, saling membantu sehingga dapat hidup damai dan rukun di kabupaten Fakfak serta dapat menjadi contoh kepada daerah lain.

Selain itu dalam arahannya Menteri Perdagangan Republik Indonesia juga berjanji akan menbantu membangun Pasar Sosar Kokas agar layak digunakan sebagai tempat berjualan, melalui Dinas Perdagangan Provinsi juga akan memberikan bantuan fasilitas jualan kepada para penjual di pasar Sosar.

Festival Ko Gangandin adalah manifestasi dari akulturasi budaya serta toleransi yang hidup dan berkembang di pesisir Teluk Berau (Fakfak, Sorong selatan, Bintuni, dll) Beragam suku dan etnis yang bertemu pada satu titik (Pasar tradisional). Singkatnya, secara otonom dan unconditionally terbentuklah suatu ikatan persaudaraan yang didalamnya sudah terpatri rasa toleransi, persaudaraan, solidaritas serta kerjasama.

Turut hadir dalam Festival ini Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM, Sekjen Perdagangan Suhanto, FORKOPIMDA, Presiden AFKN, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Fakfak, Ketua Dewan Adat Bham Matta, Ketua LMA Kabupaten Fakfak, Para Raja, Warga Masyarakat Distrik Kokas, Warga masyarakat Teluk Berau dan tamu undangan lainnya. (PROKOPIM SETDA)

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker