Jul 30 2019
FAKFAK, fakfakkab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika, Stastistik dan Persandian Kabupaten Fakfak menggelar sosialisasi urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika dalam rangka penerapan e-Government, di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Senin (29/7/2019) pagi kemarin.
Kegiatan tersebut resmi dibuka Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp atas nama Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si sekaligus melaunching layanan iternet Smart City dan penerapan aplikasi sistem administrasi perkantoran siMaya dalam rangka penerapan e-government di Kabupaten Fakfak.
”Dengan memohon ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, maka pada hari ini senin, 29 juli 2019, dengan resmi saya membuka sosialisasi penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika dan bimbingan teknis aplikasi sistem administrasi perkantoran maya (siMAYA) sekaligus melaunching layanan iternet Smart City dan penerapan aplikasi sistem administrasi perkantoran siMAYAdalam rangka penerapan e-govermment di kabupaten Fakfak,”ujar Ali Baham sembari memukul tipa pertanda dibuka kegiatan tersebut.
Ali Baham mengatakan, banyak manfaat dan nilai tambah dari penerapan e- Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, yaitu disamping untuk efisiensi dan efektifitas proses kerja pelayanan, baik pelayanan yang bersifat intern dalam organisasi pemerintah maupun pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha.
“Penerapan e-govermment diharapkan juga untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas organisasi serta mencegah adanya korupsi, kolusi, dan nepotisme atau KKN,”ujarnya.
Hal tersebut, kata Ali Baham, tentunya sejalan dengan Nawacita Presiden Jokowi – Jusup Kala periode 2014-2019, yaitu membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif demokratis, dan terpercaya.
“Implementasi penerapan e-government di kabupaten Fakfak dituangkan juga dalam RPJMD kabupaten Fakfak 2016 – 2021, dan merupakan program prioritas unggulan dari misi yang ke 5 diantara 8 misi pemerintah kabupaten Fakfak, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang professional, bersih, transparan dan akuntabel,”jelasnya.
Ali Baham berharap kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, Stastistik dan Persandian Kabupaten Fakfak agar segala hal terkait dengan penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
“Tujuannya adalah agar penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dapat direncanakan, dikoordinasikan dan dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”kata Ali Baham.
Hal itu, lanjut dia, mengingat nomenklatur organisasi perangkat daerah yang menyelenggarakan fungsi urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika secara nasional sering berubah-ubah pada setiap periode pemerintahan, sehingga berpengaruh terhadap penerapan e-government di daerah, termasuk di kabupaten fakfak belum dapat menerapkan e- government dengan baik.
“Maka dengan terbentuknya dinas komunikasi dan informatika, statistik dan persandian berdasarkan Peraturan Bupati nomor 62 tahun 2016 yang merupakan implementasi pemberlakuan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah diharakan penyelengaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika yang merupakan urusan wajib sesuai amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dapat kita laksanakan secara optimal,”tandasnya.
Sementara Ketua Panitia, Nyampen, S.Sos dalam laporannya mengatakan, tuujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman tentang penyenggaraan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika di daerah, khususnya sub urusan aplikasi informatika dalam rangka penerapan e-government kepada aparatur bidang kominfo dan aparatur terkait di Kabupaten Fakfak.
“Selain itu juga mendukung suksesnya penerapan e-government sebagai program prioritas kabupaten Fakfak dalam RPJMD 2016- 2021 yakni terwujudnya tata kelola pemerintahan yang profesional, bersih, transparan dan akuntabel guna mewujudkan visi pemerintah kabupaten fakfak yaitu terwujudnya masyarakat kabupaten fakfak yang bermartabat, berdaya saing, dan sejahtera,”ujarnya.
Kegiatan ini, sebut Nyampen, diikuti oleh Pejabat Eselon II dan Kepala Bagian dilingkungan Dekretariat Daerah, para Kepala dan Sekretaris OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak, dan aparatur Dinas Kominfo Kabupaten Fakfak,
“Sedangkan dalam kegiatan ini mengahdirkan dua narasumber yakni, Direktur e-Government/Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Direktorat Jenderal Aplikasi Pemerintahan Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono, S.Sos, M.Eng. CEH dan Direktur Proteksi Pemerintah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ronald Tumpal, S.H. M.H”jelasnya.
Setelah pembukaan dilanjutkan dengan Bimbingan Tehknis (Bimtek) aplikasi sistem administrasi perkantoran maya (siMAYA) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak. [monces]