BeritaBupati dan Wakil BupatiKesehatanPemerintahan

WAKIL BUPATI FAKFAK “PIMPINAN OPD HARUS PAHAM BETUL PERMASALAHAN STUNTING“

fakfakkab.go.id – Fakfak, Senin 12 September 2022, bertempat di Aula RRI Kabupaten Fakfak di adakan Pertemuan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Fakfak yang dihadiri oleh Wakil Bupati Fakfak, Kapolres Fakfak, Dandim , Perwakilan Korem 182/JO, Asisten II Setda, Dinas Kesehatan serta Undangan lainnya.

Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah Kabupaten/Kota untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

Foto bersama Wakil Bupati Fakfak

Dalam sambutannya Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, S.E, MM, mengatakan “Faktor Kemiskinan menjadi salah satu hal besar yang turut serta menopang Masalah Stunting selain itu Juga untuk Semua OPD, Kita semua harus bisa menyelaraskan langkah untuk menangani Masalah Stunting ini”.

Stunting bukan hanya masalah memberi makanan bergisi atau vitamin tetapi ada kerjasama yang baik antara OPD termasuk lingkungan tempat tinggal karna bukan sekedar memperhatikan apa yg di makan tetapi kelanjutan dari program Stunting yang telah di susun, oleh karena itu kita harus saling berintegrasi, berkomunikasi dan kemudian sama-sama memperhatikan persoalan Stunting, jika kita sama-sama berintegrasi dengan baik dalam menyelesaikan masalah Stunting maka semua persoalan Stunting akan mudah kita selesaikan.

Sambutan Wakil Bupati, Yohana Dina Hindom, S.E, MM

Dandim 1803 Fakfak Letkol Inf Tri Handoko Wicaksana Selaku Bapak Asuh bagi anak-anak Stunting Dalam arahannya mengatakan Rembuk seperti ini memang sangat baik dalam arti harus didukung semua perangkat daerah, Kegiatan Stunting bukan hanya sekedar arahan atau gizi tambahan tetapi banyak hal yang harus dilaksanakan bagaimana caranya kita bekerjasama untuk menyelesaikan persoalan Stunting.

Tujuan kita hanya untuk membentuk anak kita lebih sehat,lebih pandai dan lebih cerdas oleh karna itu kita harus melaksanakan kegiatan Stunting dengan baik, Kegiatan rembuk Stunting hari ini sebagai pola pijakan yang lebih baik untuk ke depan dalam menyelesaikan persoalan Stunting.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara dan Komitmen Bersama Penurunan Stunting, yang diharapkan akan masuk pada RKPD dan percepatan penurunan Stunting bisa dianggarkan Pada Tahun 2023.

Dalam berita acara tersebut terdapat Dua Daftar nama-nama Distrik/Kampung Lokus ( lokasi dan fokus) penurunan Stunting Tahun 2022 dan 2023 di Kabupaten Fakfak. diantaranya :

Penandatanganan Berita Acara dan komitmen bersama

Daftar Kampung Lokus penurunan Stunting Tahun 2022 di Kabupaten Fakfak :

  1. Waserat
  2. Sakartemin
  3. Pasir putih
  4. Kiat
  5. Wurkendik
  6. Perwasak
  7. Nembukteb
  8. Tentreda
  9. Kwamkamur
  10. Piknik
  11. Tarak
  12. Batufiafas
  13. Kampung baru
  14. Masina
  15. Kinam
  16. Pangwadar
  17. Fior
  18. Andamata
  19. Gar
  20. Werfra
  21. Kapartutin
  22. Kelurahan dulanpokpok
  23. Seluruh Tuare
  24. Goras Selatan
  25. Tesha
  26. Ubadari
  27. Werpigan
  28. Wambar

Daftar Kampung Lokus penurunan Stunting Tahun 2023 di Kabupaten Fakfak :

  1. Perwasak
  2. Purwahab tonggo
  3. Werba Utara
  4. Kayu merah
  5. Katemba
  6. Raduria
  7. Air besar
  8. Mendopma
  9. Saharey
  10. Tarak
  11. Kwamkwamur
  12. Ofie
  13. Kapartutin
  14. Sekru
  15. Sekuru Tuare
  16. Keluarah wagom
  17. Kelurahan dulanpokpok
  18. Mitimber
  19. Werpigan
  20. Waserat
  21. Wambar
  22. Kwama
  23. Wayati barat
  24. Mambuni buni
  25. Fakfak Utara

Pada Tahun 2023 target prevalensi Balita Stunting disepakati oleh Tim untuk turun menjadi 18% dimana pada tahun 2022 mencapai 20% lebih.

Turut hadir dalam acara ini Kapolres Fakfak, Dandim, Perwakilan Dandrem, Dinas Kesehatan, Asisten 2 Setda serta Undangan lainnya. (Prokopim Setda)

Tampil Lebih Banyak
Back to top button

PEMERINTAH KABUPATEN

FAKFAK

Satu Tungku Tiga Batu

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker