logo

DISKOMINFO FAKFAK UJI COBA SISTEM INFORMASI YANG TERINTEGRASI (SANTER) DI HADAPAN BUPATI FAKFAK

Fakfakkab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Fakfak melaksanakan uji coba (trial) Sistem Informasi yang Terintegrasi (SANTER) di hadapan Bupati Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, M.AP Dan Wakil Bupati Fakfak , Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T, Bertempat di main room (ruangan utama) Kantor Bupati Fakfak (9/5/2025).

Apa Itu santer (Sistem Informasi Yang Terintegrasi ) ? untuk memahaminya lebih jauh lihat gambar dibawah ini atau unduh disini   :

 

 

 

 

 

Dasar Peraturan dari “integrated Information system “.

Manfaat dan Tujuan Penerapan Santer (Absen Online, E-KInerja, E-TPP)

 

Konsekuensi yang ditimbulkan dari Penerpapan SANTER adalah hadirnya komitmen Pemerintah Kabupaten Fakfak dalam mewujudkan transformasi digital dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Sistem SANTER dirancang untuk mengintegrasikan berbagai layanan dan informasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam satu platform digital yang mudah diakses, efisien, dan transparan.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Diskominfo Fakfak, Erwin Dwiputra, S.Sos, M.Si, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa SANTER dibangun untuk mendukung percepatan digitalisasi birokrasi, Reformasi Birokrasi dan memberikan kemudahan bagi Pimpinan Daerah dalam memantau kinerja perangkat daerah secara real time. “Dengan SANTER, data dan informasi lintas OPD dapat diakses dalam satu dasbor, yang memudahkan proses pengambilan keputusan,” ujarnya.

Pada wawancara terpisah, Kepala Dinas Kominfo Fakfak, Donald H. Wenggi, ST, MM, menyatakan dukungannya secara penuh terhadap penerapan sistem informasi yang terintegrasi sebagai upaya Percepatan Digitalisasi sektor Pemerintahan.”

Bupati Fakfak, menyambut baik langkah ini dan mengapresiasi kerja tim Diskominfo. Ia berharap agar sistem ini dapat segera diimplementasikan secara penuh dan terus dikembangkan sesuai kebutuhan daerah. “Transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan untuk menjawab tantangan zaman. Saya mendukung penuh implementasi SANTER demi mewujudkan pemerintahan yang modern dan responsif,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, tim Santer juga melakukan UJI coba secara langsung penggunaan SANTER, mulai dari login pengguna, tampilan dasbor pimpinan, hingga akses laporan kinerja pegawai bahkan menampilkan print out laporan pembayaran TPP. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi oleh Bupati dan wakil Bupati Fakfak serta beberapa pimpinan OPD yang turut hadir yakni Kepala DPPKAD Fakfak, Kepala BKPSDM Fakfak, Sekretaris Diskominfo Fakfak, Plt.Asisten III Setda Fakfak.

Dengan hadirnya SANTER, diharapkan kinerja pemerintahan daerah menjadi lebih efektif, efisien, serta mampu memberikan pelayanan publik yang prima dan berbasis data. (IKP FF)

FAKFAKKAB.GO.ID
Jl. Jenderal Sudirman, Wagom Utara

Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat

Telepon: (+0956) 222103
Kode Pos: 98611